Senin, 05 Desember 2011

Must Visit Places in Batam


1. JEMBATAN SATU BARELANG


Ini landmark-nya kota batam, sayang untuk dilewatkan.

Jembatan Barelang (singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

Keenam buah jembatan Barelang tersebut terdiri dari:
  1. Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar
  2. Jembatan Nara Singa (jembatan II)
  3. Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
  4. Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
  5. Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
  6. Jembatan Raja Kecik (jembatan VI).


2. CAMP PENGUNGSI VIETNAM

Wisata sejarah yang satu ini juga menarik. Camp Vietnam terletak di Pulau Galang, Batam, setelah jembatan 5 Barelang dan melalui beberapa pulau. Daerah tsb mempunyai sejarah tersendiri karena, sesuai namanya, Camp Vietnam merupakan tempat pengungsian orang” yang kabur dari Vietnam dan mendapat perlindungan dari Pemerintah Indonesia.
Siapa sangka di sebuah pulau kecil Indonesia pernah bermukim ribuan orang vietnam selama belasan tahun.




3. PANTAI-PANTAI

- Pantai Nongsa

Pantai Nongsa merupakan pantai yang paling sering di kunjungi wisatawan di Batam. Pantai Nongsa, sebuah pantai yang berpasir putih dan berair jernih terletak di sebelah Timur Laut-nya Batam. Nama pantai ini diambil berdasarkan nama seorang tokoh Melayu yang pertama kali mengembangkan wilayah pantai ini. Pantai ini lebih dikenal dengan sebutan “Nongsa Tua” oleh masyarakat setempat.

- Pantai Melur

- Pantai Sekilak

- Pantai Melayu

- Pantai Tanjung Bemban

- Pantai


4. LUBUK BAJA - NAGOYA

Yang ini merupakan kawasan bisnis dan niaga. Biasa lebih dikenal dengan kawasan jodoh – nagoya – penuin. Berwisata belanja di sini dijamin seru. Rekomendasi; Mall Nagoya Hill, Lucky Plaza, Mall BCS, Top 100 Jodoh, DC mall dan masih banyak lagi.




5. MEGA WISATA OCARINA

Kawasan mega wisata yang terletak di batam center. Meski masih dalam tahap pengembangan dan pembangunan, wahana dan arena permainan di Ocarina sudah lumayan banyak. Sebut saja Giant Wheel, Trampolin, Flying Fox, Sepeda Air, Water Park, Bioskop 3D dan lain-lain. Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai macam hiburan mulai dari tempat area untuk bermain skateboard atau basket, path untuk pejalan kaki yang menghadap langsung ke laut. Di path ini juga terdapat patung-patung yang melambangkan 12 shio horoscop China. Kalau anda lapar atau haus, mampir saja ke Kampoeng Indonesia. Di sana tersedia berbagai masakan khas Indonesia dengan harga relatif terjangkau. Atau anda ingin membeli oleh-oleh, silakan cuci mata di Kampoeng Seni.

Kampoeng Seni


tulisan terbesar dan terberat sehingga mendapat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).


6.Wisata Kuliner

Sop Ikan
                

Siput Gonggong
Batam juga memiliki wisata kuliner yang khas mungkin jarang anda temui dan ini hanya terdapat di daerah kepulauan Riau dan Batam salah satunya, karena makanan ini merupakan salah satu andalan Kota Batam yaitu Sop Ikan, dan Siput gonggong yang mungkin baru pertama anda temui masakan ini, bagi anda penyuka seafood cobalah makanan ini.