Senin, 18 Februari 2013

Atasi Batuk Dengan Air Jeruk Nipis

Mungkin, semua orang pasti pernah mengalami batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis.

Air buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia), selain dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, juga dapat digunakan untuk membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor.

Sementara untuk kesehatan, jeruk nipis berkhasiat untuk obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik), serta membantu proses pencernaan.

Sebagai obat batuk, satu buah jeruk nipis diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, kemudian aduk rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

Sedangkan untuk batuk disertai influenza, potong sebuah jeruk nipis yang masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan setengah sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda.