Kamis, 23 Mei 2013

3 Kesalahan Besar Mengelola Keuangan


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat. Dimulai dari hal-hal kecil seperti membiasakan diri membawa bekal makanan ke kantor setiap hari sehingga menghindari adanya pengeluaran untuk jajan atau makan makanan di restoran yang jelas biayanya mahal dan lain sebagainya.

Bagaimanapun juga, tak sedikit orang bisa mengelola keuangan dengan baik. Tak jarang tadinya berharap dapat hidup hemat tapi ujung-ujungnya tetap lebih besar pasak daripada tiang alias lebih besar pengeluaran dibandingkan pemasukan.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sebaiknya dan disarankan untuk Anda perhatikan supaya tidak dilakukan demi kesehatan kondisi keuangan Anda sendiri maupun keluarga :

1. Prioritaskan Pengeluaran Daripada Simpanan Sehingga Tidak Menyisakan Apapun. 
"Setiap mereka mendapatkan gaji mereka, mereka biasanya membelanjakan terlebih dahulu, dan kalau ada sisanya, itulah yang akan mereka tabung," kata Fitz Villafuerte. "Pada umumnya, tidak ada yang tersisa pada akhir bulan," tambahnya.
Jalan Keluarnya : Balik saja prosesnya. Pertama kali pisahkan sebagian dari gaji Anda untuk menabung kemudian silahkan habiskan sisanya.

2. Berinvestasi Sebelum Membuat Dana Darurat
Kesalahan kedua, saat mendapatkan uang ekstra sikap kita adalah berinvestasi sebelum menyisihkan sebagian untuk dana darurat.
Yang dimaksud dengan dana darurat di sini adalah pondasi dasar dari portfolio setiap orang yang jumlahnya adalah uang senilai enam kali biaya pengeluaran bulanan rumah tangga Anda, disimpan untuk kebutuhan darurat.
Jalan Keluarnya : Sebaiknya Anda memiliki dana tersebut, sebelum Anda menginvestasikan uang Anda. Bukannya dia tidak menganggap penting untuk membuat uang Anda bertambah, namun seperti masalah sebelumnya, masalah yang akan dihadapi ini adalah sesuatu yang merupakan prioritas seperti halnya, biaya rumah sakit, perbaikan mobil atau rumah yang mendadak tidak bisa Anda kesampingkan.
Tanpa adanya dana darurat, kamu akan mencari utang atau mencairkan investasi Anda dengan segera.

3. Terima Saran Finansial Dari Orang yang Salah
Banyak terjadi pengusaha baru yang bertanya kepada temannya untuk nasehat bisnis gratis dan malah kena batunya sendiri.
Dilarang mengambil jalan pintas karena tingkat resiko kesalahan pastilah lebih besar.
Jalan Keluarnya : Ada alasanya mengapa informasi tertentu gratis dan mudah didapatkan apalagi berkaitan dengan bisnis karena biasanya itu bukanlah nasehat terbaik yang bisa Anda dapatkan. Informasi bisnis yang berkualitas lebih sulit didapatkan.
Sebaiknya meminta nasehat mengenai uang, bisnis, atau investasi jangan dari orang-orang yang pertama kali Anda kenal tetapi mintakanlah dengan orang yang memang ahli di bidang tersebut.

sumber : http://infobelanja.co.id/new/detail/54/2013/03/27/3_kesalahan_besar_mengelola_keuangan