Kamis, 17 Januari 2013

Kosmetik Ada Masa Kadaluarsanya Juga Loh....



Sekalipun tak ada tanggal kadaluarsa pada kosmetik, bukan berarti kosmetik aman dipakai selamanya lho. Mereka juga punya masa pakai yang terbatas alias masa kadaluarsa. Dan bila kita tetap bandel memakainya saat sudah kadaluarsa, bersiap saja muncul jerawat, atau iritasi di kulit. Hii… seram juga ya.

Untuk itu, kita intip yuk, masa kadaluarsa kosmetik secara umum, berikut ini:
Parfum: 2 tahun
Aroma parfum semakin pudar setiap kali Anda menyemprotkannya ke tubuh. Udara perlahan masuk ke dalam botol dan memudarkan aromanya. Dan dalam masa 2 tahun, aromanya takkan sekuat saat Anda memakainya pertama kali. Di antara kosmetika lain, masa kadaluarsa parfum ini tidak berbahaya dan tak menimbulkan iritasi di kulit. Hanya, aromanya memang tak lagi sekuat dulu.

Sponge makeup: 2 – 3 bulan
Karena setiap hari digunakan, ganti sponge makeup setiap 2-3 bulan sekali. Mengapa? bakteri gemar menempel dan berkumpul di tempat lembab, semakin sering digunakan, sponge semakin lembab dan kuman bisa berpindah dari sponge ke kulit Anda.

Pensil Eyeliner: 3 tahun
Pensil eyeliner cukup awet dibandingkan eyeliner biasa, ia dapat bertahan sekitar 3 tahun. Namun, ia harus diraut secara teratur agar bakteri tidak tinggal di ujung.

Maskara: 3 – 6 bulan
Maskara adalah tempat yang ternyaman untuk bakteri berkembang, sehingga usia pakainya setidaknya 3-6 bulan. Bila lebih dari itu, bakteri akan subur berkembang, dan kebanyakan maskara sudah menggumpal, sehingga mudah masuk dan mengiritasi mata.

Tabir surya: 1 tahun
Bentuk apapun tabir surya yang Anda gunakan, pastikan usia pakainya tak lebih dari 1 tahun. Bila Anda jarang beraktivitas di luar, belilah tabir surya dalam kemasan kecil. Jangan lupa, tutup rapat botol agar lotion/cream tak mudah mengering.

Cream wajah: 6 – 12 bulan
Cream wajah apapun, hindari menyimpannya lebih dari 12 bulan. Pada umumnya, cream wajah ini habis pakai 1-2 bulan, itulah mengapa sering dikemas dalam kemasan kecil.

Foundation: water-based 12 – 16 bulan; oil-based 18 – 24 bulan
Karena bahan dasarnya berbeda, foundation berbahan dasar air lebih mudah habis usia pakainya. Sedangkan berbahan dasar minyak lebih awet, karena minyak membantu mempertahankan usia lebih lama.
Ciri bila foundation sudah tak layak pakai adalah terpisah menjadi dua bagian dan warnanya sudah tidak jernih lagi, bahkan beberapa foundation cenderung berwarna gelap tak rata.

Concelear: 1 tahun
Karena hanya menutup bagian-bagian tertentu saja, concelear jadi awet. Namun, bila ia sudah mendekati masa 1 tahun, sebaiknya Anda tidak mengenakannya lagi, karena efeknya bisa menimbulkan iritasi atau jerawat pada kulit.

Eyeshadow: 3 – 5 tahun
Beberapa eyeshadow berkualitas baik dapat bertahan sekitar 3 – 5 tahun. Namun, pastikan mengganti kuas atau sponge dengan teratur.

Lipstick: 2 – 4 tahun
Bila sudah kadaluarsa, lipstick akan cenderung menggumpal dan aromanya kurang sedap. Masa kadaluarsa lipstick sekitar 2 – 4 tahun, pastikan Anda memilih lipstick berkualitas baik dan jangan membeli lipstick tak bermerek jelas. Pewarnanya bisa jadi berbahaya bagi Anda lho.

Cat kuku: 1 tahun
Cat kuku akan mudah mengering bila sudah mendekati masa pakainya. Setidaknya cat kuku dapat bertahan hingga 1 tahun.

Pensil bibir/ lip liner: 3 – 4 tahun
Sama halnya dengan pensil alis atau pensil eye liner, lip liner dapat bertahan kurang lebih 3 – 4 tahun, dengan rajin meraut bagian ujung pensil.

Cek kembali perlengkapan kosmetik Anda, bila perlu berikan sticker tanggal sehingga Anda tahu mana yang sudah harus dibuang.